Tips menghemat isi baterai ponsel

10 Sep 2010

handphone

Guyss,, pernahkah kamu mengalami hal ini? ketika sedang asyik-asyiknya bertelepon dengan seseorang tiba-tiba syutt…. pembicaraan terputus di tengah jalan, karena isi baterai ponsel kita habis. kalau terjadinya sesekali, kita memang bisa memakluminya. tapi kalau sering., wah… jelas kita akan kesal.

untuk menghindari hal itu, kita meski bisa menghemat isi baterai ponsel. lalu, bagaimana caranya?

Matikan ponsel ketika sinyal sulit didapat

Di beberapa tempat atau lokasi, ponsel kita sulit mendapakan sinyal. contohnya, di basement mal. di daerah terpencil ketika kita berlibur, atau di dalam ruangan yang memiliki tembok yang sangat tebal.

Jangan aktifkan kedua fitur suara

Terkadang kita mengaktifkan kedua fitur suara di ponsel. yaitu, ringtone(bunyi) dan vibra (getar). sadarkah kita, kalau keduanya diaktifkan berarti kita melakukan pemborosan pemakaian baterai ponsel?

coba deh, salah satunya saja yang kita aktifkan. contohnya, vibra ketika kita berada di tempat yang ramai. fitur tersebut memungkinkan kita tetap bisa merasakan panggilan telepon, meski suasana di sekitar kita sedang ramai.

Kurangi brightness layar ponsel

kita juga bisa mengurangi brightness (kekuatan cahaya) layar ponsel untuk menghemat pemakaian baterai. atau, bisa kita atur backlight ponsel kita agar waktu menyalanya tidak terlalu lama. mislanya, 10 detik. pada siang hari, waktu backlight selama itu sudah cukup, kok.

Matikan berbagai aplikasi yang tidak digunakan

Coba deh, kita matikan berbagai apliksai ponsel yang sedang tidak kita gunakan. contohnya, bluetooth dan infrared. lalu, jangan main game, mendengarkan MP3, browsing, atau melakukan video call kalau memang tidak penting sekali. wah…. isi baterai ponsel kita dijamin akan awet!

Jangan menelepon ketika sedang bergerak sangat cepat

Ketika kita sedang bergerak sangat cepat, contohnya ketika berada di dalam mobil atau kereta api, usahakan jangan terlalu sering melakukan panggilan atau menerima telepon. Apalagi, berinternet. Sstt…. hal itu ternyata bisa membuat isi baterai ponsel kita cepet abis, lho. Sebab energi ponsel kita terkuras untuk mencari sinyal dari pemancar terdekat.


TAGS gaya hidup


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post