Manfaat jeruk nipis

17 Aug 2010

Jeruk nipis ( Citrjeruk-nipisus Aurantiforia )

Jeruk nipis atau dalam bahasa latin citrus Aurantiforia merupakan buah yang kaya akan vitamin c, walaupun buah ini kandungan vitaminnya tidak sebanyak jeruk-jeruk lainnya, namun jeruk nipis ini lebih sering berada di dapur kita. Biasanya kita gunakan untuk mengasami sambal, soto, atau masakan lainya. Tetapi perlu kita ketahui juga jeruk nipis ini kaya akan khasiatnya loh…..

1. Jeruk nipis bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengeluarkan dahak atau ekspektoran. caranya minum 1 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan madu dan kecap. Aduk dan minum sedikit demi sedikit . boleh ditambah 2 sendok air hangat.

2. Sebagai antiseptic dan antioksidan. Air jeruk nipis dicampur setengah sdt garam, dan air hangat 1 cangkir untuk bahan kumur-kumur untuk mengatasi sakit tenggorokan, sariawan dan sakit gigi.

3. Mengeluarkan racun dan peluruh kencing. 1 buah jeruk nipis diperas campur dengan air hangat 1 cangkir, kemudian di minum.

4. Astirgen, cendrung mengeringkan. Air jeruk nipis dicampur dengan 1 sdt madu dan 1 cangkir air hangat, minum untuk mengurangi rasa nyeri, dan pembengkakan.

Selamat mencoba ^_^….

Kutipan dari “Taman Sringanis Panduan Percontohan Tanaman Obat “, Oleh Ibu Endah Lasamadiwati


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post